About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Wednesday 19 January 2011

WORLD AIDS DAY !


Apa yang membedakan tanggal 1 Desember dengan tanggal – tanggal lainnya ? jawabannya adalah karena setiap tanggal 1 Desember , kita umat manusia yang berada di bumi kita ini merayakan world aids day atau hari aids sedunia . Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.
Adapun tujuan dilaksanakannya Hari Aids Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan epidemi AIDS yang sampai sekarang belum juga bisa dikendalikan di tanah air kita tercinta. Kesempatan ini sekaligus sebagai wadah untuk menunjukkan komitmen dan kepedulian kita kepada saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang telah terinfeksi HIV dan meningkatkan upaya menurunkan jumlah penularan HIV terutama di kalangan generasi penerus bangsa .

Mungkin beberapa remaja belum mengetahui , apa sih aids itu ? bahayanya apa kalau sampai terjangkit aids ? karena kurangnya pengetahuan tentang aids , makanya hampir sebagian remaja di Indonesia bahkan luar negeri menjadi penderita Aids . Sungguh malangnya nasib mereka .
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency SyndromeAcquired berarti anda dapat terinfeksi olehnya , Immune Deficiency artinya suatu kelemahan dalam sistem tubuh yang berfungsi melawan penyakit. , dan Syndrome artinya sekumpulan masalah kesehatan yang menyebabkan penyakit . AIDS disebabkan oleh virus yang bernama HIV, Human Immunodeficiency Virus. Apabila tubuh terinfeksi HIV, maka tubuh akan mencoba untuk melawan infeksi tersebut. Tubuh akan membentuk "antibodi", yaitu molekul-molekul khusus untuk melawan HIV . ODHA adalah sebutan bagi seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat virus HIV . Biasanya orang yang terjangkit aids , mereka berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi , berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi . terlahir dari ibu yang terinfeksi, atau minum air susu ibu yang terinfeksi . Sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan Aids , sehingga mengakibatkan penderita Aids kebanyakan meninggal dunia .
Seramkan aids itu , makanya sebagai remaja generasi penerus kita harus menghentikan Aids , harus bisa menjaga sikap jangan sampai kita terbawa arus pergaulan negative sehingga melakukan hal – hal yang sangat dilarang Allah . Menurut saya sebagai remaja, memang perlu sekali memperingati hari aids sedunia , agar manusia khususnya remaja – remaja di Indonesia bahkan di seluruh belahan dunia sadar akan bahaya dari wabah aids yang ditularkan melalui virus HIV dan jangan sampai kita mengucilkan atau menjauhkan penderita HIV/AIDS justru kita harus membantu , memberikan support agar si penderita bangkit dari keterpurukan . Biasanya untuk memperingati HARI AIDS SEDUNIA dimanfaatkan oleh teman-teman aktifis yang peduli AIDS untuk melakukan sebuah  kampanye tentang bahaya dan pencegahan penularan penyakit yang sampai sekarang belum ada penangkalnya .


Beragam kegiatan mulai dari sekedar aksi damai di jalan sambil membagi-bagikan bunga mawar merah , pita merah , brosur tentang bahaya aids . dan juga kegiatan yang agak berat yaitu mengadakan seminar dadakan tentang Aids ke ssekolah – sekolah , kampus .

Pita merah adalah symbol untuk melambangkan perang terhadap aids . 

No comments:

Post a Comment