About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Tuesday 11 January 2011

organisasi remaja

Karang taruna

O
rganisasi pada zaman sekarang memang sangat dibutuhkan oleh sebagian kaum remaja di Indonesia alasannya adalah untuk menjadi orang yang bisa bertanggung jawab dapat bersosialisasi dengan orang banyak yang memiliki sifat dan karakter berbeda-beda dan fungsinya menjadi individu yang bisa bekerjasama dan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri tapi untuk kepentingan bersama atau tim untuk visi dan misi yang sama .
Oleh sebab itu , terbentuklah suatu perkumpulan organisasi masyarakat untuk para kaum remaja atau pemuda-pemudi yang bernama Karang Taruna . Karang Taruna berasal dari kata Karang yang berarti pekarangan, halaman, atau tempat. Sedangkan Taruna yang berarti remaja jadi Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda (para remaja) nonpartisan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari oleh dan untuk masyarakat khususnya remaja yang berada di wilayah Desa / Kelurahan/RW yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan social . Sudah banyak suatu perumahan atau komplek disetiap RWnya memiliki organisasi buat tempat berkumpulnya para remaja tidaklain tidak bukan yaitu Karang Taruna .
Karena karang taruna merupakan organisasi buat para remaja yang aktif berorganisasi biasanya karang Taruna beranggotakan remaja baik laki-laki maupun perempuan yang berusia mulai dari 11 - 45 tahun yang disebuat dengan warga karang taruna dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 - 35 tahun . Pengurus karang taruna dipilih secara musyawarah atau mufakat oleh warga karang taruna .
Keberadaan organisasi Karang Taruna di mata warga masyarakat biasanya wajar-wajar saja asal selama berdirinya karang taruna tersebut aktifitas atau kegiatan yang dilakukan tidak meresahkan atau menyusahkan warga sekitar dan kegiatan yang dilakukan membawa dampak yang positif dan dapat diterima dengan akal sehat .
Secara umum , tujuan berdirinya suatu Karang Taruna adalah untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian . Dan Karang Taruna memiliki tugas pokok untuk bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi masalah-masalah kesejahteraan sosial secara preventif, pasca rehabilitatif maupun pendampingan dan pengembangan serta mengarahkan pembinaan dan pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya . Organisasi karang taruna bukan untuk tempat berkumpul pemuda pemudi yang ingin mabuk-mabukan , pesta narkoba atau apapun yang berbau negative .
Salah satu contoh kegiatan positif yang dilakukan oleh karang taruna remaja adalah mengumpulkan buku-buku dan pakaian layak pakai lalu disumbangkan kepada para pengemis atau pemulung , atau kegiatan pengumpulan dana seperti uang , obat-obatan , pakaian , makanan jika terjadi bencana alam yang menimpa negeri kita Indonesia , dan juga kegiatan acara buka bersama di Bulan Ramadhan dengan anak-anak panti asuhan , penghuni panti jompo atau memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan masih banyak lagi kegiatan positif yang dilakukan oleh remaja-remaja karang taruna . Remaja karang taruna hendaknya yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tingkah laku yang dilakukan remaja karang taruna sesuai dengan ajaran dan perintahnya tidak melanggar norma sehingga warga setempat nyaman dan tidak merasa dirugikan dengan keberadaan organisasi tersebut .

No comments:

Post a Comment