About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Tuesday 18 January 2011

peace , love and harmony 

Setiap tanggal 2 Oktober , seluruh manusia yang ada di belahan dunia merayakan HARI TANPA KEKERASAN se-Dunia . Penetapan hari tersebut merupakan inisiatif dari PBB yang terinspirasi dari gerakan tokoh anti kekerasan (ahimsa) yaitu Mahatma Ghandi . Beliau dinilai telah berjasa besar dalam menciptakan perdamaian dunia .
Maka dari itu , diharapkan setiap tanggal 2 Oktober semua umat manusia bisa menyebarkan pesan – pesan tanpan kekerasan termasuk melalui dunia pendidikan dan kesadaran politik .
Damai ! yaa .. itulah kata – kata yang sering terlontarkan dari mulut kita , tapi terkadang kita belum terlalu memahami makna dari kata damai yang sesungguhnya itu apa . Mengapa demikan ? buktinya , karena terkadang kita masih sering bertengkar dalam suatu hal . Misalnya saja pada saat melakukan diskusi tapi ketika ada perbedaan pendapat kita tidak bias menerima perbedaan tersebuat akhirnya melepaskan rasa marah sampai akhirnya menjadi suatu pertengkaran .
Padahal remaja memiliki peran penting pada masa kini dan masa depan . Damai sangat mempengaruhi kehidupan kita dari aspek manapun . Kalau dari diri kita sendiri tidak mempunyai prinsip damai , bisa jadi kita tidak mungkin mampu berkerja kelompok dengan teman sekelas , tidak bisa bahu membantu jika ada teman yang sedang kesulitan , tidak bisa bekerjasama untuk bikin acara musik amal atau apapun dan juga mungkin saat dewasa nanti tidak bisa menjalin hubugan bilateral yang baik dengan negara asing .
Sikap perdamaian terhadap oranglain dan lingkungan sekitar memang sulit diwujudkan bila dari kitanya sendiri belum mampu berdamai dengan diri sendiri . Marah boleh saja kok hal yang wajar akan tetapi kita harus bias mengendalikan emosi amarah kita . Jangan sampai kemarahan kita memancing emosi orang lain akhirnya terjadi perselisihan, pertengkaran . Mulailah dari sekarang kita harus mencoba berdamai dengan diri sendiri , caranya dengan melampiaskan kemarahan dengan berdiam diri di suatu tempat yang mampu meredam kemarahan kita , melakukan suatu kegiatan positif yang membuat kita lupa kalo kita sedang marah , dan membuat kebiasaan untuk memaafkan oranglain terlebih dahulu , belajar memaafkan diri sendiri dengan melupakan dendam , serta selalu bersyukur apa yang sudah Allah berikan kepada kita sebagai umat manusia menerima keadaan dan keterbatasan kita dengan begitu tidak akan ada lagi rasa iri .  . Sebenarnya cara berdamai dengan diri sendiri tergantung pada pada diri kita masing – masing , mana yang dirasa nyaman untuk bisa mendamaikan diri sendiri . Dengan berawal dari komitmen diri sendiri untuk berdamai , maka kita dapat mempengaruhi perdamaian bagi oranglain dan lingkungan .
Alangkah indahnya dunia ini jika setiap umat manusia di dunia hidup damai tentram penuh dengan cinta kasih sayang tanpa ada pertengkaran atau kekerasan lagi .

No comments:

Post a Comment