About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Wednesday 19 January 2011

Kualitas tayangan komedi tv

Kualitas tayangan komedi tv saat ini dinilai mengkhawatirkan . Memang benara , salah satu program yang sering dijdikan andalan tontonan adalah komedi . Tontonan ini disukai karena sifatnya yang menghibur penonton . Akan tetapi program – program komedi yang ada saat ini justru mengundan banyak masalah karena kurang merhatiin kaidah – kaidah yang seharusnya sebagai tayang untuk di tonton khalayak luas , khususnya anak – anak .
Kalau dilhat , banyak adegan dimana pelawak melucu dengan mengucapkan kata – kata kasar , saling menghina , merendahkan , menertawakan dan menjelek  - jelekkan satu sama lain . Lawakan juga sering menjurus ke hal – hal vulgar , pelecehan seksual dan kekerasan secara tidak langsung . Belum lagi , banyak artis laki – laki berperan ala banci dengan tingkah laku kewanita – wanitaan ciinnn .. hhaa :D
Beberapa contoh tayangan komedi di tv yang bermasalah adalah adalah Opera Van Java dan Abdel Temon dalam acaranya sering kali menampilkan muatan kekerasan , memancing tawa penonton dengan merusak benda dari sterofom , menampilkan kata – kata kasar n pembicaraan vulgar .

Memang hal yang dimaksudkan sebagai bahan lawakan dan para comedian melakukannya murni karena bercanda dan supaya penonton tertawa . Orang dewasa mengerti hal itu , tapi banyak juga yeng resah akibat lawakan itu pada penonton anak – anak . Apalagi tayangan semacam itu berada di jam prime time dan bisa di tonton bebas . Sifat anak kecil adalah suka meniru apa yang ia lihat jadi kalau mereka meniru yang dilkukan para comedian itu seperti melempar barang – barang ke oranglain , bertingkah ala bencong bagi anak laki-laki  dan berkata tidak senonoh vulgar , apakah itu semua it’s ok ? tidaaaaaaak kan . Komisi Peyiaran Indonesia atau KPI sudah melayangkan teguran terhadap tayangan – tayangan komedi yang melanggar .

Diharapkan sebaiknya stasiun tv lebih bijak dalam menentukan isi tayangan komediannya , nggak cuma hanya memikirkan rating yang tinggi tetapi juga memikirkan dampak dari tayangan . Para pelawak pun juga harus menjaga sikap dan omongannya saat bercanda jangan asal ceplas ceplos saja tanpa memikirkan efek negative dari ucapan dan tindakan yang dilakukan .
Mulai sekarang , kita sebagai penonton harus pintar – pintar memilih acara tontonan tv .
Tv kan media visual yang isinya dapat dengan mudah ditiru , kalau isi program acaranya mempertontonkan hal – hal yang merusak moral , bagaimana masa depan generasi penerus nantinyaaa ….

No comments:

Post a Comment