About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Monday 8 October 2012

tulisan sotfkill 5


BENUA ASIA

*THE POWER OF ASIA

Sebagai bangsa Asia, kita sering malu dan minder saat berkunjung ke negara-negara diluar Asia . Hal yang wajar, mengingat Asia punya beberapa “cap” yang bikin kita dipandang sebelah mata . Bahkan nggak sedikit dari kita yang diremehkan dan mengalami diskriminasi . Tetap kita harus tetap bangga menjadi orang Asia !
Sebagai benua terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak, Asia menyimpan banyak potensi . Kualitas kekayaan alam dan sumber daya manusianya patut jadi ancaman bagi benua lain . Asia punya Cina , India, Indonesia yang masing – masing menempati peringkat 1,2,3 sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia tahun 2009 . Persentase pertumbuhannya lebih baik dari yang diharapkan banayak pihak dan mulai menyalip negara-negara maju lain seperti jepang, inggris, prancis . Berbekal pengalaman menghadapi krisis finacial hebat ditahun 1997-1998, Asia terbukti mampu memperbaiki diri lebih cepat dari negara-negaralain setelah terhantam krisis . Pariwisata juga termasuk kelebihan Asia yang lain. Dengan killers view plus akomodasi yang terhitung murah , banyak tempat-tempat di Asia juga diakui sebgai tujuan wisata paling banyak dikunjungin oleh turis-turis . Lihat saja Bali yang sering mendapat predikat sebagai pulau tujuan wisata terbaik dari majalah – majalah internasional dan Thailand yang juga langganan terpilih sebagai negara tujuan wisata terbaik dunia menggalahkan Yunani dan Italia .
Hal ini bikin industri pariwisata jadi salah satu penyumbang devisa terbesar untuk banyak negara Asia.

*EKPORTS ASIA

Dari 20 pelabuhan kontainer terbesar dan tersibuk di dunia, 16 diantaranya ada di Asia(3 di Eropa dan 1 lagi di US) . Port of Singapure atau pelabuhan Singapura menduduki peringkat pertama . Disini satu kapal besar pengangkut barang dari berbagai negara datang setiap 2-3 menit . Makanya pelabuhan ini mampu mengelola 17 juta unit kontainer perharinya . Cina sebagai “raksasa” Asia punya 9 pelabuhan yang masuk dalam daftar tadi . Dari pelabuhan – pelabuhan inilah Asia bisa melebarkan sayap sampai produk – produknya mendominasi dunia .
Kalau di abad 10-13 Asia menguasai penjulan keramik, kain sutra, dan barang-barang timah sekarang lewat brand – brand Honda , Tokyo, Hyundai , Asia berhasil menguasi 47,7% pasar otomotif dunia . Mengalahkan produsen otomoti Amerika yang hanya kebagian 44,9% .Dan negara – negara Asia Barat seperti Arab Saudi , Iran , Irak dan Kuwait terkenal sebagai eksportir minyak terbesar . Indonesia juga nggak kalah loohh! Negara Indonesia dikenal sebagai eksportir minyak sawit mentah nomer 1, eksportir batu bara kedua terbesar , eksportir biji kopi ketiga terbesar didunia . Sedangka untuk memenuhi kebutuhan dunia akan produk elektronik , Jepang dan Korea sebagai pemasok utama . Nggak heran kalau pemerintahan Amerika pun menyatakan ketergantungan pada Asia . Maka dari itu , masihkah kita malu sebagai orang Asia ? Tentu saja tidak jawabannya .. We be pround being an Asian . J

No comments:

Post a Comment