About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Monday 8 October 2012

TULISAN SOFTKILL 1


PENTINGNYA ETIKET !!

Etika .. walau sudah dizaman modern, bukan berarti etika dilupakan begitu saja . Sering ngerasa bingung harus berbuat apa ketika berada di lingkungan baru? Atau sering disebelin orang tanpa kamu tahu salahnya dimana ? Hemm... jangan-jangan ada yang salah sama sikap diri kita . Atau mungkinbenar-benar nggak ngerti caranya bersopan santun sama orang lain . Bukan masalah sepele loh! Karena kita adalah makhluk sosoal maka dari itu dimanapun dan kapanpun, etiket perlu diperhatikan . 

3 prinsip etika :
Pada dasarnya prinsip-prinsip beretiket selalu tetap dan bersifat universal, berlaku untuk semua orang . yaitu :

1.Respect
Hargai orang lain apa adanya . Nggak peduli seberapapun berbedanya dia dengan diri kita . Tunjukkan kalau kita bisa menghargai orang dengan segala kelebihan, kekurangan, persamaan, dan perbedaan yang ada . Dengan bersikap respek sama orang , orang lain juga bakalan respek balik sama diri kita .
2.Empathy
Coba tempatkan diri kita diposisi oranglain. Jadi sebelum bicara atau melakukan sesuatu pikirkan dahulu efeknya terhadap oranglain . Gimana kalau diri kita sendiri yang digosipkan? Atau gimana kalau diri kitayang terpeleset lalu diketawain satu kantin? Nggak enak kan? Belajar berempati ini penting karena kita bisa tahu apa yang orang lain rasakan saat mendapatkan perlakuan negatif dari diri kita .
3. Honesty
Jujur disini lebih dari sekedar nggak berkata bohong . Maksudnya , kita harus bisa melakukan dan mengucapkan kebenaran sekalipun itu menyakitkan . Kalau memang terasa sulit, carilah cara yang paling postif buat mengungkapkannya .

No comments:

Post a Comment