About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Monday 8 October 2012

tulisan softkill 3


EFFECTIVE LEARNING

MITOS DAN FAKTA TENTANG BELAJAR

1.      MITOS : Semakin sering mengulang afalan materi , semakin baik .
FAKTA: Proses belajar seperti ini menghambat pembentukkan ingatan jangka panjang . Ingat sih iya akan tetapi ngga bisa lama-lama . Belajar seharusnya tidak dilakukan cepat dan berulang-ulang , langkah yang baik adalah me-review kembali materi secara rutin dengan takaran waktu yang pas .

2.      MITOS : Mengkonsumsi obat-obatan pembantu daya ingat bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi belajar .
FAKTA: Pil atau obat-obatan tersebut hanya menambah stamina badan seperti vitamin supaya otak bisa berpikir dengan jernih . Kalau badan sehat , pikiran pasti sehat . Dan belajar juga jadi lebih efektif .

3.      MITOS : Belajar paling baik adalah sebelum tidur atau malam hari .
FAKTA : Ini salah besar . Waktu yang sangat tepat dan sehat untuk belajar adalah pagi hari . Kenapa begitu ? karena otak masih fresh dan mampu menerima materi dengan baik . Dipagi hari , otak menunjukkan alertness yang tingi .

4.      MITOS : Tidur siang bikin tambah pintar karena menyegarkan kembali otak dan kebugaran tubuh sehingga mampu belajar maksimal .
FAKTA : Hal ini terbukti benar! Menurut hasil studi Matthew Walker Phd, assisten proffesor psikologi di Universitas California , US tidur siang dapat meningkatkan performa otak dalam menangkap pelajaran – pelajaran selanjutnya . Satu – dua jam saja sudah cukup .

5.      MITOS : Semakin serius semakin pintar .
FAKTA : Justru belajar yang terlalu serius sangat  tidak baik , belajar yang baik adalah belajar dengan mood santai relaks dan nggak berada dalam dibawah tekanan .

6.      MITOS : Belajar berjam-jam dijamin baik bagi peningkatan memori di otak .
FAKTA : Ini salah besar ! Asalkan belajar dengan rutin dan dilakukan dengan metode yang benar, waktu 1-2 jam setiap hari sebenarnya udah cukup . Kasian juga otaknya kalau terlalu diforsis atau dipaksa bekerja untuk akademis  terus .

ADA BEBERAPA TIPS BELAJAR YANG BIKIN MAKIN PINTER :

1.      MEMPERHATIKAN PELAJARAN DI KELAS
Ini dia yang paling penting kalau mau pintar . Jangan gampang terbujuk sama ajakan teman untuk ngegosip . Pay full attention to the lesson in the class! Jadi kalau mau mengulang ateri pelajaran dirumah setidaknya uda ada dasar pengetahuan dari yang diterima dikelas . Kalau ada satu pembahasan atau detail aja yang ngga dimengerti, buru-buru tanya sama temen/guru supaya nggak ada missing link yang bikin kamu males nguasai bab tersebut .

2.      REVIEW THE LESSON
Mengulang pelajaran , penting banget supaya kamu nggak lupa . Banyak pelajar menggunakan SKS (SISTEM KEBUT SEMALAM) gara-gara nggak pernah mengulang pelajaran . Jadi harus mempelajari semua materi sekaligus buat ujian esok harinya .
3.      MEMBUAT PLAN UNTUK BELAJAR
Supaya acara belajar lebih teratur dan semangat, coba bikin daftar target belajar yang mau dicapai . Contohnya , 1. Menghafalkan rumus trigonometri plus mengerjakan soal-soal latihannya , 2.Membaca ulang materi Sistem Operasi, 3.Buat essay bahasa Inggris dst.. Lakukan dengan sistematis  Setelah satu target selesai dikerjakan, you can move on to number two and so on. Goodluck!

4.      BELAJAR KELOMPOK
Untuk menjaga mood, atur waktu atau lingkungan belajar yang sesuai . Kalau happy dan fun pasti belajarnya lebih enak . Bisa coba belajar kelompok . Kalau ada yang nggak ngerti, bisa langsung ditanyakan keteman atau nyari jawaban bareng –bareng . Asal jangan terlalu ramai, bukannya belajar bisa-bisa malah asik ngobrol dan ngemil makanan hhee...

5.      BIKIN CATETAN KECIL
Hal ini terbukti efektif . Misalnya dengan bikin catetan kecil dengan bahasamu sendiri supaya mudah dimengerti dan enak dibaca atau merekam summary pelajaran untuk didengar tiap waktu . Yang jelas , temukan cara atau gaya belajar yang paling baik buat diri sendiri . Mungkin sambil dengerin musik yang tenang kaya lagu-lagu classic bisa membantu .

6.      Menguyah papermint
Menguyah papermint bisa membersihkan saluran pernapasan untuk menyerap udara bersih dan segar . Semakin banyak udara segar yang dihirup, semakin banyak pula oksigen yang masuk ke otak   Oksigen membantu otak dalam bekerja secara optimal untuk menyimpan memori dan menyerap informasi .

7.      BUAT DIRI SENYAMAN MUNGKIN
Supaya kuat menghadapi seabrek materi pelajaran, buat diri senyaman mungkin saat belajar . Cari ruangan dimana kamu bisa konsentrasi dengan tenang tanpa gangguan . Perhatikan penerangan diruangan itu juga, kurangnya penerangan bisa bikin mata kamu cepat lelah . Bisa dengan menambah aromatheraphy yang menyegarkan . Boleh jua sediain cemilan untuk teman belajar .

8.      NIAT
Nggak ada gunanya duduk dimeja belajar dengan buku-buku bertaburan tapi dari diri sendiri nggak ada niat belajar . Materi pelajaran jadi susah masuk karena pikiran kemana-mana . Jauhin dulu hal-hal yang bisa bikin konsentrasimu pecah kaya console games, handphone , tivi . Pikirin motivasi awal kamu belajar supaya makin semangat .

9.      ISTIRAHAT YANG CUKUP
Kadang kita berpikir belajar akan lebih efektif kalau tidur dulu stau atau dua jam . Faktanya, itu salah . Lebih baik belajar saat badan masih segar kayak sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya . Jadi nggak usah memaksakan diri belajar sampai larut malam . Makin lama bertahan untuk melek , makin lamban pikiran . Jadi susah konsentrasi dan belajar pun ngga efektif .


No comments:

Post a Comment