PENGERTIAN DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIS
Kalimat pertama adalah “Desain”, kalimat desain
memiliki banyak arti , desian itu adalah visualisasi dari seni dan
pengekspresian dari kecerdasan pikiran manusia dapat berupa rupa, bentuk,
maupun visualisasi nyata dengan proses yang menghasilkan sesuatu yang lebih
berguna .
Kedua adalah pemodelan, model dapat berarti sesuatu
yang menjelaskan sebuah objek, sistem maupun konsep yang dapat berupa bentuk
fisik, visualisasi maupun rumusan matematis dan kalimat pemodelan dapat
berarti penerapannya dalam dunia nyata, dapat di jadikan tolak ukur maupun
resensi.
Sedangkan pengertian dari grafis itu sendiri dapat mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih.
Sedangkan pengertian dari grafis itu sendiri dapat mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih.
Jadi dari ketiga pengertian ini dapat di simpulkan
bahwa Desain Pemodelan Grafis adalah visualisasi atau pengekspresian nyata
dengan proses baik berupa fisik, visualisasi yang berupa gambar, garis, ataupun
bentuk lainnya yang bergabung dan membentuk untuk menjadi sesuatu yang lebih
berharga.
PRINSIP DAN UNSUR DESAIN GRAFIS
*UNSUR DESAIN
Yang harus diperhatikan adalah sebuah
desain harus menarik mata. agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada
beberapa unsur yang harus dipelajari pada kasus ini adalah unsur dalam desain
grafis. unsur tersebut adalah shape, bentuk (form), tekstur,
garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Unsur tersebut syarat utama yang harus
dikuasai karena unsur tersebut diibaratkan sebagai bumbu dalam masakan. semua
unsur tersebut tidak harus dimasukkan sekaligus dalam sebuah karya desain.
karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus
diprioritaskan. jadi ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur. jika semua
unsur tersebut tampil sama kuatnya bisa-bisa audien pening melihatnya. agar
unsur tersebut tampil tepat dalam sebuah desain maka selanjutnya unsur tersebut
harus diedit dan diberi efek dan lain-lain agar semua unsur tepat pada
posisinya.
*PRINSIP DESAIN
Desain grafis
juga memiliki prinsip seperti halnya manusia, seseorang dikenal karena
prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan dalam sebuah desain grafis sehingga
karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedar
dan tidak mengalahkan unsur utama. prinsip tersebut adalah keseimbangan (balance),
ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek
struktural komposisi yang lebih luas . Kelima prinsip tersebut harus
ditampilkan kedalam sebuah desain, tapi sesuaikan dengan konsep agar desain
tersebut tetap fokus.
PERBEDAAN GRAFIS
SECARA UMUM (VEKTOR DAN BITMAP)
Macam-Macam desain grafis :
1. Desain grafis berbasis Vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction.
2.Desain grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.
Perbedaan dari kedua desain grafis tersebut :
Pada Vector :
Ø Gambar tetap jelas ketika di
perbesar
Ø Tersusun dari garis dan kurva
Ø Kualitas grafik tidak tergantung
dari banyaknya pixel
Ø Disusun oleh objek geometris yang
dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Ø Sifatnya resolution independent
Ø Ukuran penyimpanan relatif kecil
Ø Program yang digunakan adalah
Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
Ø Pada Bitmap :
Ø Gambar kurang jelas jika diperbesar
Ø Terdiri atas titik
Ø Ukuran file yang dihasilkan besar
Ø Kualitas grafis tergantung dari
banyaknya pixel
Ø Disusun oleh objek yang disebut
pixel
Ø Sifat resolusinya dependent atau
dipengaruhi resolusi
Ø Ukuran penyimpanan relatif besar
No comments:
Post a Comment