About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Monday, 8 October 2012

DESAIN PEMODELAN GRAFIS


PENGERTIAN DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIS

Kalimat pertama adalah “Desain”, kalimat desain memiliki banyak arti , desian itu adalah visualisasi dari seni dan pengekspresian dari kecerdasan pikiran manusia dapat berupa rupa, bentuk, maupun visualisasi nyata dengan proses yang menghasilkan sesuatu yang lebih berguna .
Kedua adalah pemodelan, model dapat berarti sesuatu yang menjelaskan sebuah objek, sistem maupun konsep yang dapat berupa bentuk fisik, visualisasi maupun rumusan matematis dan kalimat  pemodelan dapat berarti penerapannya dalam dunia nyata, dapat di jadikan tolak ukur maupun resensi.
Sedangkan pengertian dari grafis itu sendiri dapat mengacu  pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih.

Jadi dari ketiga pengertian ini dapat di simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafis adalah visualisasi atau pengekspresian nyata dengan proses baik berupa fisik, visualisasi yang berupa gambar, garis, ataupun bentuk lainnya yang bergabung dan membentuk untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga.

PRINSIP DAN UNSUR DESAIN GRAFIS

*UNSUR DESAIN
Yang harus diperhatikan adalah sebuah desain harus menarik mata. agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari pada kasus ini adalah unsur dalam desain grafis. unsur tersebut adalah shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.  Unsur tersebut syarat utama yang harus dikuasai karena unsur tersebut diibaratkan sebagai bumbu dalam masakan. semua unsur tersebut tidak harus dimasukkan sekaligus dalam sebuah karya desain. karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan. jadi ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur. jika semua unsur tersebut tampil sama kuatnya bisa-bisa audien pening melihatnya. agar unsur tersebut tampil tepat dalam sebuah desain maka selanjutnya unsur tersebut harus diedit dan diberi efek dan lain-lain agar semua unsur tepat pada posisinya.

*PRINSIP DESAIN
Desain grafis juga memiliki prinsip seperti halnya manusia, seseorang dikenal karena prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan dalam sebuah desain grafis sehingga karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedar dan tidak mengalahkan unsur utama. prinsip tersebut adalah keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas . Kelima prinsip tersebut harus ditampilkan kedalam sebuah desain, tapi sesuaikan dengan konsep agar desain tersebut tetap fokus.

PERBEDAAN GRAFIS SECARA UMUM (VEKTOR DAN BITMAP)

Macam-Macam desain grafis :

1. Desain grafis berbasis Vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction.
 
2.Desain grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.

Perbedaan dari kedua desain grafis tersebut :

Pada Vector :
Ø  Gambar tetap jelas ketika di perbesar
Ø  Tersusun dari garis dan kurva
Ø  Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
Ø  Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Ø  Sifatnya resolution independent
Ø  Ukuran penyimpanan relatif kecil
Ø  Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
Ø  Pada Bitmap :
Ø  Gambar kurang jelas jika diperbesar
Ø  Terdiri atas titik
Ø  Ukuran file yang dihasilkan besar
Ø  Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
Ø  Disusun oleh objek yang disebut pixel
Ø  Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
Ø  Ukuran penyimpanan relatif besar








No comments:

Post a Comment