About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Friday 25 February 2011

tugas ibd - jejaring sosial !

Social network

Di zaman tekhnologi yang sudah canggih , sudah banyak bermunculan bermacam – macam jejaring social atau social network seperti live connector , friendster , facebook , twitter , plurk , myspace , windows live manager , yahoo massanger dan masih banyak lagi jejaring social lainnya . Mungkin yang lagi ngetrend di tahun sekarang itu social networknya adalah facebook dan twitter . Sudah tidak heran lagi dari usia muda ( anak kecil dari sd , smp , sma , mahasiswa ) bahkan sampai usia yang sudah bisa dibilang berumur ( seperti orangtua )mempunyai account facebook kalau tidak account  twitter .
Tapi yang menjadi permasalahannya , penting atau tidak sih kita mempunyai account – account seperti itu ? Dan ada atau tidak sih dampak , efek atau akibat dari kita mempunyai account – account tersebut ?
Jika kita sebagai manusia yang ingin mengikuti perkembangan zaman alias ingin dibilang gaul (up to date ) sih pasti bakal mempunyai account tersebut seperti facebook atau twitter . Tapi ada juga sebagian orang yang beranggapan kalau emang mau gaul tidak harus punya facebook atau twitter kok . Sebenarnya jika kita punya account facebook atau yang lainnya itu sah – sah aja kok tidak ada yang melarang , hak setiap orang mungkin terkadang ada beberapa orang yang suka menyalahgunakan account – account tersebut . Tujuan utama dari pembuatan account – account seperti facebook , friendster , twitter , yahoo massanger atau yang lain adalah untuk dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan banyak orang melalui dunia maya .

Mempunyai account – account tersebut di dunia maya mendatangkan berbagai dampak atau akibat di kehidupan sehari – hari , ada dampak positif ada juga dampak negative .
Pertama – tama kita lihat dari dampak positifnya mempunyai account social network adalah :
  • Kita bisa menjadi lebih up to date dalam perkembangan tekhnologi informasi .
  • Dengan mempunyai account social network , kita bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang – orang yang sudah kita kenal maupun yang baru kenal di jejaring social tersebut contohnya di jejaring social network facebook kita dapat reunian atau bertemu kembali dengan teman – teman lama dan berkenalan dengan orang – orang baru sehingga lama kelamaan menjadi teman baik .
  • Dapat menambah banyak teman , informasi , pengalaman dan usaha .
  • Dan dalam dunia usaha , kita dapat memasarkan dan mengiklankan barang – barang jualan kita di jejaring social tersebut sehingga dapat menguntungkan usaha jualan kita .
  • Banyak juga yang menggunakan account jejaring social itu untuk ajang tempat mencari jodoh , sudah banyak kejadian orang – orang yang berpacaran awal mula kenalannya dari jejaring social di dunia maya .
  • Dapat menshare cerita dan pikiran kita ke oranglain .
Mungkin yang tadi telah di sebutkan di atas , segelintir dampak positif dari penggunaan account jejaring social  nah sekarang kita lihat dampak negative dari account jejaring social adalah :
·        Seperti narkoba , jejaring social kadang kala membuat kita menjadi kecanduan untuk menggunakannya , tidak ingat waktu untuk online-nya .
·        Membuat si pengguna account menjadi malas beraktifitas misalnya belajar atau bekerja karena terlalu asyik dan seriusnya menggunakan account jejaring social .
·        Syukur – syukur kalau si pengguna account untuk online-nya di rumah menggunakan laptop atau computer dan modem sendiri tapi kebanyakan orang – orang onlinenya di warnet dan handphone sehingga dapat menguras isi dompet dan menguras pulsa handphone kita jika onlinenya setiap hari  .
·        Dan banyak kejadian kejahatan terjadi akibat jejaring social contohnya seperti yang ada di tv taun lalu , seorang laki – laki menculik anak gadis perempuan yang baru di kenalnya di facebook saat ia menemui sang gadis , ia malah membawa kabur anak gadis tersebut  .
·        Membuat kita menjadi tidak kenal waktu jika terus – terusan memakainya .
·        Menjadi ajang tempat untuk melihat foto – foto atau video porno di jejaring social karena ulah manusia yang tidak bermoral .
Itulah beberapa dampak negative dari penggunaan account jejaring social di dunia maya .
Bagaimana cara kita untuk menangani dampak – dampak negative yang terjadi karena telah menggunakan account jejaring social ?
Jika ditanya seperti itu , sebenarnya balik ke diri masing – masing mereka pasti sadar apa yang telah mereka lakukan dan gunakan jadi mungkin sebagai orang terdekat seperti ayah , ibu , teman , saudara , guru atau siapapun harus dapat saling mengingatkan kepada para pengguna account untuk dapat menggunakan account tersebut sebaik mungkin dan mendatangkan keuntungan buat kita bukan malah mendatangkan kesengsaraan buat kita . Salah satu contoh kecil , misalnya ada seorang anak sd sedang beronline ria facebook di malam hari padahal waktunya belajar , sbagai orang tua wajib untuk menegur dan melarangnya .


Kesimpulannya berarti account jejaring social tidak hanyak mendatangkan kesenangan saja bagi para penggunanya tapi juga mendatangkan kejelekan bagi kehidupan kita oleh karena itu kita sebagai umat manusia harus pintar – pintar dalam menggunakan dan memakai account jejaring social di dunia maya .



No comments:

Post a Comment