About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Sunday 27 February 2011

tugas ibd - copy paste !


Copy paste


         Istilah copy paste dan bisa juga dibilang tindakan menyontek , menyalin , meniru atau memindahkan suatu tulisan tanpa di edit kembali . sudah tidak menjadi hal yang tabu lagi bagi masyarakat Indonesia . Mengapa demikian ? karena sudah menjadi salah satu masalah budaya atau kebiasaan jelek (bad habit) yang sering dilakukan bangsa  terutama di kalangan pelajar baik pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar , menengah pertama , menengah keatas atau pun yang sudah duduk di bangku perkuliahan alias mahasiswa . Apa penyebab bangsa Indonesia dari anak kecil sampai orang dewasa masih saja melakukan kegiatan copypaste alias menyontek ? Penyebabnya adalah dari diri seseorang itu sendiri karena seseorang tersebut malas untuk berfikir dan mengerjakan sesuatu dengan usaha sendiri , maunya tinggal jadi , instant , nggak mau ribet akhirnya copy paste buatan orang lain deh  . Akan tetapi tindakan copypaste ini sangat merugikan diri sendiri dan si pemiliknya atau orang yang karyanya di contek (copas) oleh kita . Dampaknya jika kita terus – terusan copy paste milik oranglain kita terus – terusan menjadi manusia yang malas berfikir dan pembodohan akan melanda menyerang diri kita bgaikan virus dan bakteri menyerang antibody tubuh kita serta tidak ada sesuatu yang bisa di banggakan dari diri kita karena tidak ada suatu karya yang kita hasilkan murni dari otak , pikiran dan usaha kita sendiri melainkan punya oranglain semua yang telah kita copas . Dan jika pemilik asli hasil karyanya mengetahui tindakan bad habit kita yaitu telah copy paste karya milik dia , dia akan marah dan kita bisa di kenakan hukuman , sangsi atau denda sama si pemilik aslinya tersebut . Nggak mau kan hal itu terjadi sama diri kita ?


         Oleh karena itu untuk mengatasi tindakan copypaste semakin melunjak di Negara Indonesia ya kita sebagai generasi muda harus sadar , bisa memotivasi diri sendiri , meningkatkan kepercayaan diri dan mau menggunakan otak sebaik – baiknya untuk berpikir . Janganlah melakukan kebiasaan buruk copy paste lagi dan berusahalah untuk selalu mengerjakan dengan usaha sendiri , bagaimana bisa mendapatkan hasil yang memuaskan jika dari kitanya saja tidak mau memotivasi diri kita untuk bisa tidak menyontek atau meniru hasil karya oranglain lagi ? apakah kita bangga kalau hasil karya kita ternyata hasil karya contekan orang lain ? Malu kan pasti ? Asal ada niat yang tulus pasti hasilnya akan memuaskan kok dan tidak kalah bagusnya dengan hasil karya bikinan oranglain .


             Jadi , kesimpulannya memang tidak ada pembenaran tentang tindakan copy paste ini . Bisa dibilang tindakan manusiawi sih karena yaa jujur saja pasti salah satu di antara kita umat manusia yang ada di Negara Indonesia ini pasti pernah melakukan tindakan copas alias copypaste milik oranglain tidak mungkin tidak ada yang pernah melakukannya .
Tapi yaa alangkah baiknya , jika kita ingin membuat suatu karya misalnya sebuah tulisan hendaklah tulisan buatan sendiri bukan tulisan copy paste buatan oranglain .


No comments:

Post a Comment