About Me

My photo
hy , you can call me okke . i'm 17 years old . i'm feel not beauty but i love my body , my style and my life because i had a great fam , great boyfriend and great friends ♥

Thursday 5 May 2011

ibd - manusia dengan keadilan

Suatu negara tidak luput dari kemerdekaan , kesejahteraan , dan juga keadilan . Ketika saya belajar pendidikan pancasila di kampus , saya mengetahui bahwa keadilan di Indonesia ada 3 macam yaitu keadilan distributif , keadilan legal , keadilan komutatif .
Keadilan distributif ialah suatu hubungan keadilan antara negara dan warganya , dalam arti pihak yang wajib memenuhi keadilan dalam bentuk keadilan membagi , kesejahteraan , bantuan , subsidi serta kesempatan dalam hidup bersama yang didasarkan atas hak dan kewajiban . Keadilan legal ialah suatu hubungan keadilan antarwarga negara terhadap negara dalam masalah ini pihak warga yang wajib memenuhi keadilan dalam bentuk mentaati peraturan perundang – undangan yang berlaku dalam negara . Dan yang terakhir keadilan komutatif ialah suatu hubungan keadilan antara warga atau dengan lainnya secara timbal balik dengan demikian dibutuhkan keseimbangan dan keselarasan diantara keduanya sehingga tujuan harmonisasi akan dicapai .
Akan tetapi menurut saya di negara Indonesia ini tingkat keadilannya ini masih kurang dan tidak sesuai dengan pancasila yang sebagaimana pada sila kelima yang berbuny keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia . Sebagai contoh , seorang koruptor atau pejabat tinggi yang melakukan tindak kejahatan dikenakan hukuman penjara akan tetapi jika kita mengetahuinya didalam penjara hidup mereka tetaplah kaya , mereka di penjara di tempat penjara yang bisa dibilang VIPnya dari penjara biasa . Mereka tetap diberlakukan layaknya seorang raja dan ratu yang hanya membedakan mereka tinggal di penjara bukan dirumah yang mewah seperti pada kasus artalita tahun lalu , sementara rakyat biasa atau rakyat kecil yang melakukan tindakan kriminal atau kejahatan tetap dikenakan denda yang besar , masa hukuman yang lama dan di penjarakan di tempat penjara yang jelek (istilahnya) . Memang betul semuanya sudah diatur dalam pasal – pasal akan tetapi dimana letak keadilannya ? Cuma karena uang dan status golongan , hukuman bagi orang kaya tetap berbeda dengan hukuman orang miskin padahal negara kita ini adalah negara yang sangat menjunjung tinggi hukum dan keadilan . Oleh karena itu saya sebagai generasi muda sangat menginginkan dan mengharapkan agar pemerintah dapat berlaku adil terutama bagi rakyat jelata atau miskin supaya rakyat miskin pun bisa merasakan hidup sejahtera bukan hanya orang kaya saja . 

No comments:

Post a Comment